Besar Bersama VSI

December 29, 2010

Korean Movie : Daddy Long Legs

Januari 2005


Yun Jung Hoon as Kim Joon Ho, Ha Ji Won as Cha Young Mi, Shin Ee as Kang Jong Jong

Young Mi adalah seorang wanita muda yang telah kehilangan kedua orang tuanya dan berjuang untuk mengurus dirinya sendiri. Selama ini dia menerima bantuan dari orang asing yang membiayai kuliahnya dan sering mengirim hadiah yang diberinya julukan sebagai "Daddy-Long-Legs".
Setelah menyelesaikan studinya dan berjuang untuk mendapatkan pekerjaan, Young Mi akhirnya memperoleh pekerjaan yang merupakan impiannya sebagai seorang penulis program di sebuah stasiun radio nasional. Dan tanpa susah payah, Young Mi mendapatkan tempat tinggal di sebuah rumah yang bagus yang dikosongkan pemiliknya dengan alasan kesehatan. Namun Young Mi percaya bahwa nasib baiknya adalah hasil dari kebaikan "Daddy-Long-Legs".
Suatu hari, Young Mi menerima email yang ditulis sendiri oleh sang pemilik rumah yang ditulis setahun sebelumnya. Email berisi kisah cinta yang ditulis oleh pemilik rumah yang tak dikenalnya. Sang penulis mengakui bahwa dia diam-diam telah jatuh cinta pada seorang pria sejak hari pertama sekolahnya. Dalam rangka untuk selalu berada di dekat pujaan hatinya, dia bekerja keras untuk selalu berada dimanapun pria itu mengikuti kursus. Namun ia tidak pernah punya keberanian untuk memperkenalkan diri, dia cukup senang dengan hanya melihatnya setiap hari. Penulis juga menjelaskan bahwa ketika sang pria mendapatkan pekerjaan di sebuah stasiun radio, ia juga mencari kerja di sana. Sampai suatu saat ia didiagnosis memiliki penyakit yang akan menyebabkan dia kehilangan ingatan (memori) dan akan menyebabkan kematian. Ketakutan terbesar sang penulis bukanlah kematian, tetapi tentang kehilangan ingatannya terlebih tentang pria yang dicintainya, itulah sebabnya mengapa ia menulis email yang akan dikirim ke dirinya sendiri di masa depan.
Young Mi sangat tersentuh dengan cerita itu dan memutuskan untuk menceritakannya melalui program radio untuk mencari sang pria yang selama ini dicintai pemilik rumah itu. Cerita ini menjadi cerita serial dan didramatisasi di radio dan dengan cepat menjadi favorit pendengarnya.
Sementara itu, Young Mi bertemu dengan Kim Joon Ho seorang lelaki yang bekerja sebagai pustakawan di stasiun radio. Mereka sering menghabiskan waktu bersama dan Young Mi mulai jatuh cinta dengannya. Young Mi kemudian mengetahui bahwa Joon Ho adalah pria yang dicintai sang pemilik rumah seperti yang disebutkan dalam email. Akhirnya Young Mi memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka, merasa bersalah karena mengetahui bahwa ada seseorang di suatu tempat di luar sana yang telah jatuh cinta padanya selama bertahun-tahun.
Young Mi juga melakukan penyelidikan tentang siapa sebenarnya “Daddy-Long-Legs”nya selama ini. Dari direktur di stasiun radio, diketahui bahwa sang direktur hanyalah adik dari pemilik radio. Sang pemiliki radio adalah orang yang sama yang selama ini telah membiayai kuliahnya, memberinya rumah dan menerimanya bekerja. Dan pemilik radio itu adalah Joon Ho, yang juga ternyata adalah sang penulis email. Saat menulis email itu, Joon Ho menempatkan dirinya sebagai seorang wanita. Namun sesungguhnya, dia selama ini telah menyukai Young Mi sejak sama-sama masih mahasiswa dan menulis email untuk membuatnya tetap mengingat kenangan tentang Young Mi.
Perasaan Young Mi hancur saat mengetahui kenyataan ini. Dia kemudian mengambil keputusan untuk kembali pada Joon Ho, dan menghabiskan waktu bersama sampai ingatan Joon Ho hilang dan kematian memanggilnya.
Satu lagi film Korea yang berhasil membuat perasaan mengharu biru dan berurai air mata yang akhirnya dinobatkan sebagai salah satu dari sekian banyak film favorite yang layak tonton kapanpun.

No comments:

Post a Comment